Sunday, May 22, 2016

Tips Mengatasi Kulit yang Kering Bersisik dan Cara Perawatan Kulit secara Alami


Tips Mengatasi Kulit Kering Bersisik dan Cara Perawatan Perawatan Kulit secara Alami dan Sehat

Tips Mengatasi Kulit yang kering Bersisik dan Cara Perawatan Kulit secara Alami
Kulit kering adalah kondisi Kulit yang sangat menjengkelkan, karena Kulit biasanya terasa kasar dan bersisik. Selain itu, Kulit kering pun dapat terlihat kurang sehat dan cantik sehingga dapat merusak penampilan. Namun bagaimana jika Kulit kering dan bersisik tersebut terjadi pada Kulit bagian Wajah Anda? Ya ampun, pastinya Anda akan sangat terganggu karena Wajah adalah salah satu bagian yang langsung terlihat oleh orang lain. Cepat! Lakukan langkah-langkah untuk mengatasi Kulit Wajah kering dan bersisik secara Alami di bawah ini !
 
Cuaca ekstrim seperti saat ini, panas kemarau dan hujan tiba-tiba sebabkan Kulit sensitive menjadi kurang sehat. Referensi seputar Tips cara mengatasi Kulit kering sangat penting bagi mereka yang sehari-hari terpapar oleh sinar matahari. Atau bahkan, sama sekali tidak terpapar sinar matahari namun berada dalam ruangan ber-AC selamaberjam-jam.
Jadi, catatan penting untuk digaris bawahi adalah bukan tentang lingkungan panas atau dingin. Melainkan kondisi kelembapan ruang tersebut sangat berpengaruh, dalam hal ini pengaturan sirkulasi udara serta adanya tanaman atau tumbuhan disekitar ruang tersebut menjadi penting.

Penyebab Kulit kering Sebelum berbicara tentang metode Perawatan dan cara mengatasi Kulit kering kusam dan Kulit bersisik yang sedang anda Alami. Penting kiranya untuk mengetahui faktor-faktor penyebab Kulit terasa kering dan tampak kusam bahkan bersisik.

Apa saja...........?, Simak dibawah ini, antara lain :

1.      Penuaan Dini 

Semua orang pasti akan mengalami proses alami penuaan. Seiring waktu berjalan, kelembaban Alami serta hormon yang mempengaruhi kesehatan kulit pasti akan mengalami penurunan fungsi. Namun hal ini berbeda halnya jika seseorang mengalami penuaan dini. Penuaan Dini adalah proses menua jaringan tubuh lebih cepat daripada usia seharusnya. Dan, penyebab penuaan dini (aging) sendiri terdiri dari berbagai faktor. Termasuk sebab radikal bebas dari dalam tubuh maupun dari lingkungan.

2.      Cuaca Ekstrim

Di Indonesia tidak mengenal musim dingin, hanya musim panas dan hujan. Pada musim panas hingga kemarau panjang menyebabkan kelembapan udara menjadi turun dan sangat kering. Cirinya, suhu di malam hari ketika musim seperti ini terasa sangat dingin dan Kulit terasa gatal. Pada kondisi semacam ini, jangan terburu-buru memberi Kulit obat gatal. Karena rasa gatal muncul ketika kelembapan Kulit sangat rendah. Salah satu cara mengatasinya dapat menggunakan sarung tangan atau pakaian tertutup pada bagian terasa gatal.

3.      Sebab Kesehatan

Jika anda menganggap masalah Kulit hanya tidak berhubungan dengan masalah kesehatan lainnya, hal itu tentu sebuah asumsi tidak tepat. Karena kondisi Kulit pada dasarnya dapat dijadikan sebagai indikator kesehatan seseorang secara keseluruhan. Contoh sederhananya adalah ketika seseorang mengalami gejala penyakit diabetes dan kelenjar tiroid bermasalah, maka kondisi Kulitnya tampak bersisik kemerahan dimana hal ini tidak terjadi pada orang dengan kondisi kesehatan normal.

4.      Faktor Iritasi Pakaian yang digunakan sehari-hari bisa saja menjadi penyebab iritasi.

Yaitu pakaian dengan penggunaan bahan pewangi atau pelembut mengandung zat kimia tidak ramah pada Kulit. Jika demikian, bisa dilakukan dengan mengganti produk dengan label lembut diKulit atau sejenisnya. Selain mengganti produk deterjen atau pewangi dan pelembut, bisa juga menggantikan bahan-bahan pakaian yang menggunakan kain katun atau sutra bagi perempuan. Bukan pakaian dengan bahan dasar poliester atau wol.

5.      Sabun

Sabun mandi pada dasarnya memiliki sifat pengemulsi minyak alami tubuh. Hal itu sengaja diciptakan untuk membersihkan tubuh dari kotoran yang melekat pada Kulit. Namun, penggunan sabun secara berlebih dapat menyebabkan Kulit kering. Penggunaan berlebih bisa saja ketika seseorang mandi dengan berendam. Sabun yang disarankan dalam hal ini adalah sabun dengan kandungan lebih ringan dan juga dilengkapi dengan moisturizer sehingga kelembapan Kulit tetap terjaga.

6.      Pembersih ber-alkohol

Penggunaan pembersih make-up maupun penyegar untuk Kulit berminyak mengandung alkohol dalam jangka panjang dan berlebihan justru dapat menjadikan Kulit terasa kering dan lebih ketat. Lebih baik Kulit (wajah khususnya) dibersihkan dengan bahan-bahan alami yang lebih segar serta menjaga kelembapan Kulit secara rutin meskipun tidak setiap hari. Misal dengan menggunakan bahan-bahan semacam mentimun dan sejenisnya.

7.      Penggunaan obat

Tidak semua memang mengalami hal semacam ini. Namun, penderita dalam kondisi mengkonsumsi obat-obatan tertentu dapat mengalami Kulit kering dan tampak lebih kusam dibanding orang-orang yang tidak dalam pengaruh obat. Obat-obatan yang disebut berperan menyebabkan Kulit kering antara lain, obat kolesterol, alergi, jerawat dan obat tekanan darah tinggi.

8.      Gizi Buruk

Gizi buruk atau malnutrisi jangan hanya dibayangkan seperti halnya orang kelaparan dan tidak bisa makan berhari-hari. Orang mampu untuk makan tiga kali sehari pun bisa mengalami kondisi gizi buruk. Hal itu terjadi karena makanan yang dikonsumsi tidak memenuhi unsur gizi dan justru beresiko untuk kesehatan, seperti makanan instan yang relatif tinggi lemak dan mengandung bahan kimia berbahaya namun rendah serat, vitamin dan nutrisi penting lainnya.

9.      Ruang ber-AC

Hampir sama halnya dengan faktor cuaca disebut diatas. Penggunaan AC (Air Conditioner) maupun kipas angin secara langsung mengenai tubuh dalam jangka panjang juga akan berpengaruh terhadap kelembaban alami Kulit. Kondisi ruang semacam itu dapat menarik air keluar dari Kulit sehingga Kulit menjadi lebih kering. Salah satu solusinya adalah meminimalisir bagian anggota tubuh terpapar. Misal dengan menggunakan pakaian tertutup (hijab/jilbab) bagi perempuan dan jas/lengan panjang bagi pria. 

Cara mengatasi Kulit kering

Setelah mengetahui secara terperinci beberapa faktor penyebab yang memungkinkan seseorang mengalami Kulit kering pada tubuhnya, maka yang bersangkutan menentukan sendiri solusi tepat untuk mengatasi permasalahan Kulit kusamnya. Di bawah ini terdapat beberapa Tips Perawatan Kulit kering, untuk hasil lebih maksimal mari kita golongkan jenis Perawatan Kulit untuk wajah, kaki atau tangan.


1.      Kunyit Santan

Jika anda mencari bahan alami yang ditujukan sebagai pelembut Kulit, maka santan dapat menjadi jawaban. Santan kaya nutrisi penting dibutuhkan oleh Kulit, diantaranya adalah vitamin E yang bisa dikonsumsi langsung secukupnya maupun langsung diterapkan pada Kulit (wajah). Pemberian langsung untuk mengatasi Kulit kering dapat dilakukan dengan mencampurkan 1 sendok makan santan dengan bubuk kunyit secukupnya (se-ujung sendok teh). Oleskan secara merata pada Kulit wajah, diamkan beberapa saat (kurang lebih 15 menit) lalu cuci bersih.

2.      Susu Kunyit Lemon

Kulit wajah kering akan dipenuhi dengan sel-sel Kulit mati. Adanya jaringan Kulit mati ini sebabkan Kulit tampak bersisik dan pecah-pecah. Untuk mengobati sebenarnya dibutuhkan tehnik-tehnik pengangkatan sel Kulit mati yang dimaksud. Penganggkatan sel Kulit mati pada wajah bisa dilakukan dengan mencampur 3 bahan alami yaitu susu, kunyit dan lemon. Caranya dengan mencampur satu sendok susu krim, bubuk kunyit seujung sendok makan dan beberapa tetes lemon. Gosok lembut pada bagian Kulit wajah beberapa menit, kemudian bilas.

3.      Gula dan Lemon

      Gula alami atau organik memiliki kemampuan untuk melembabkan permukaan Kulit sekaligus berperan sebagai “exfoliator” yaitu bahan efektif untuk menganggkat dan menghilangkan sel Kulit mati (termasuk pada wajah). Sedangkan (jus) lemon dikenal sebagai sumber vitamin C tinggi, efektif berperan untuk menghilangkan bintik-bintik penuaan serta dapat difungsikan sebagai pencerah Kulit wajah. Caranya dengan mencampur dua sendok makan gula dan satu sendok lemon plus air. Dijadikan maskter hingga kurang lebih selama tiga puluh menit.

4.      Lidah Buaya

Kemampuan Lidah Buaya dalam hal Perawatan Kulit dan rambut telah melegenda sejak dahulu kala. Lidah Buaya efektif sebagai bahan pelembab alami hebat dan telah terbukti kemampuannya dalam mengangkat sel Kulit mati. Perawatan menggunakan ekstrak Lidah Buaya ini bermanfaat jangka panjang karena berperan menciptakan lapisan pelindung Kulit dan menjadikan Kulit tampak lebih bersinar. Gunakan ekstrak atau gel dari perasan Aloe Vera ini secara rutin untuk hasil lebih maksimal.

5.      Mentimun

Mentimun telah dikenal secara umum sebagai salah satu bahan alami terbaik untuk menjaga kesehatan Kulit. Mentimun atau Ketimun dapat dijadikan sebagai Perawatan Kulit Wajah kering yang relatif aman digunakan secara rutin. Kandungan air tinggi, vitamin dan mineral penting seperti kalium, mangan, silika dan magenesium yang terkandung didalamnya mampu mengobati Kulit kering pada wajah dengan memberikan efek dingin, melembabkan sekaligus membuang sel Kulit mati maupun bahan sisa make-up maupun polutan.

6.      Pepaya

Sebagaimana diketahui bahwa buah Pepaya merupakan sumber vitamin A. Dimana vitamin sangat dibutuhkan untuk kesehatan Kulit serta untuk mengatasi peradangan yang terjadi pada permukaan Kulit. Bahkan bagian daunnya dipercaya sebagai anti-bakteri untuk mengatasi masalah jerawat. Namun penggunaan Pepaya untuk mengatasi Kulit kering dapat dilakukan dengan menjadikannya sebagai masker atau scrub yang sebelumnya telah dilumatkan. Gosok perlahan pada permukaan Kulit wajah, diamkan beberapa menit lalu bilas bersih dengan kain lembut untuk mengangkat sel Kulit mati yang terkelupas.

7.      Madu dan Yogurt

Terakhir, bahan rumahan lainnya yang tidak boleh anda lewatkan untuk merawat Kulit kering adalah dengan menggunakan madu dan yogurt. Dalam hal ini madu yang dipakai tentunya madu murni organik tanpa tambahan zat kimia. Kedua bahan tersebut merupakan perpaduan tepat untuk mengatasi Kulit kering dan kusam pada wajah maupun pada bagian Kulit lainnya. Karena madu merupakan ‘natural moisturizer’ pelembab alami berkualitas, sedangkan Yogurt merupakan bahan alami dengan kandungan probiotik, kalsium, dll. dimana semua itu dibutuhkan untuk menutrisi Kulit.

Cara mengatasi Kulit kering pada kaki Permasalahan Kulit kering pada kaki seringkali dialami oleh wanita meskipun tidak jarang pria juga mengalami hal serupa. Hal ini dikarenakan tingkat sensitivitas Kulit wanita lebih tinggi, interaksi dengan detergen hingga masalah kebutuhan kalsium lebih tinggi pada wanita.

1.      Asupan Kalsium

Menjaga kecukupan asupan kalsium adalah salah satu cara mengatasi Kulit kering pada kaki dari dalam. Tubuh kekurangan mineral kalsium dalam jumlah besar kaitannya dengan kesehatan Kulit dapat sebabkan Kulit telapak kaki belakang mengalami pecah-pecah.

2.      Gunakan kaos kaki

Kaos kaki dengan sirkulasi udara dan dapat menyerap keringat adalah pilihan terbaik untuk menjaga bagian kaki dari paparan matahari langsung maupun cuaca kering. Cara seperti ini untuk mempertahankan kelembapan Kulit kaki tetap seimbang.

3.      Lakukan pemijatan

Kaki merupakan bagian tubuh terdiri dari berbagai saraf terhubung dengan organ lainnya. Pemijatan lembut secara rutin dipercaya dapat memperlancar aliran darah di sekitar kaki, telapak kaki, jemari hingga betis. Cara seperti ini dipercaya dapat menjaga kesehatan kaki termasuk Kulit kaki lebih sehat dan segar.

4.      Rendam dengan Rosemary

Rosemary merupakan tanaman dengan kandungan kalsium tinggi. Perawatan Kulit kaki dapat dilakukan dengan merendam kaki pada bejana berisi air yang telah dicampur dengan potongan cabang tanaman rosemary, tambahkan minyak zaitun dan lemon untuk lebih segar.

5.      Scrub daun mint

Angkat Kulit mati dan dapatkan kesegaran Kulit bagian kaki dengan 'scrub’ yang terdiri dari daun mint dan sedikit campuran minyak kelapa murni yang dihangatkan. Gosok lembut pada bagian kaki kering dan pecah-pecah secara perlahan.

6.      Scrub madu susu

Madu murni dicampur dengan susu krim dan bila perlu ditambahkan tetesan jeruk dijadikan pasta (gel) untuk 'scrub’ bagian kaki. Fungsinya sama dengan sebelumnya yakni melembabkan Kulit, mengembalikan kelembapan alami, mengangkat sisa kotoran dan sel mati serta memberikan kesegaran pada Kulit kaki.

Cara mengatasi Kulit kering pada tangan Perawatan untuk mengatasi Kulit kering pada bagian tangan pada dasarnya sama dengan yang telah disebutkan diatas. Hanya saja ada beberapa catatan penting untuk diperhatikan yakni tentang penggunaan sabun keras.

1.      Gunakan sabun-sabun 'handmade’ dengan kandungan bahan alami (seperti minyak kelapa, minyak zaitun, dll.) yang telah teruji. Hal itu untuk mempertahankan kelembapan alami pada Kulit khususnya bagian tangan.

2.      Dan satu lagi, jangan lupakan tabir surya. Jika aktivitas anda diluar ruangan membutuhkan waktu relatif lama, maka tabir surya adalah pilihan tepat untuk menjaga Kulit tetap sehat dan terhindar dari terbakar sinar matahari.

3.      Makanan sehat untuk Kulit Menjaga kesehatan Kulit dengan memperhatikan asupan nutrisi sangat penting untuk dilakukan. Karena faktor kesehatan internal sangat mempengaruhi regenerasi sel Kulit. Kecukupan vitamin, mineral tertentu hingga hidrasi memiliki peran dominan untuk mewujudkan Kulit sehat.

Berikut beberapa daftar makanan sehat yang bagus untuk Kulit sehat, antara lain :
1. Susu              6. Jamur                11. Ubi Jalar                          16. Telur
2. Keju              7. Gandum            12. Bawang Putih                   17. Brokoli
3. Hati sapi      8. Ikan Tuna          13. Jahe                                 18. Labu
4. Kacang        9. Alpukat            14. Bawang Merah                 19. Tiram
5. Kedelai       10. Wortel             15. Biji Bunga Matahari          20. Coklat

 Selain makanan sehat untuk Kulit disebut diatas, tentunya masih banyak lagi. Khusus tentang perawatan untuk mengatasi Kulit kering, makanan yang harus menjadi prioritas adalah sumber pangan kaya dengan kandungan vitamin B-kompleks.
Sedangkan kebutuhan nutrisi untuk memperbaiki kondisi Kulit rusak adalah vitamin A. Dan, Vitamin E berfungsi untuk menjaga dan melindungi Kulit agar tetap sehat dan segar.

Semoga artikel sederhana ini bermanfaat untuk mengatasi kusam dan sisik di Kulit anda, sehingga mampu meningkatkan rasa percaya diri dalam pergaulan dan aktivitas sehari-hari.

0 komentar:

Post a Comment