Sunday, May 22, 2016

Tips Perawatan Kulit Berminyak secara Alami


Tips Perawatan Kulit Berminyak

Kulit wajah berminyak apabila tidak dirawat dengan baik akan mudah terserang jerawat, oleh karena itu apabila wajah kita berminyak  kita harus tau cara merawat kulit berminyak secara alami dengan baik. Merawat kulit berminyak dapat dilakukan secara alami dan tanpa efek samping. Merawat wajah berminyak penting diketahui karena bila kita salah memperlakukan atau merawat kulit berminyak maka kulit atau wajah kita tidak hanya berminyak akan tetapi menjadi berjerawat dan kasar. 

Cara Merawat Kulit Berminyak

Sebelumnya merawat kulit wajah yang berminyak sebaiknya kita harus tau penyebab kulit wajah yang berminyak dan ciri-ciri kulit wajah yang berminyak.

Penyebab dan akibat kulit wajah berminyak

Penyebab kulit berminyak adalah kelenjar sebaceous yang bekerja secara berlebihan sehingga menimbulkan komedo dan produksi minyak berlebih. Kulit wajah berminyak bila tidak dirawat maka akan timbul komedo dan mudah berjerawat.  

Kenali Jenis Kulit Anda

Untuk melakukan perawatan wajah anda, sebaiknya anda kenali dulu jenis kulit anda. Jika Anda tidak merasa memiliki jenis kulit berminyak, coba cek lagi. Apakah pada siang hari wajah Anda terasa berminyak, lengket dan terlihat mengkilap? Jika ya, maka Anda mungkin memiliki jenis kulit berminyak. Kulit berminyak sangat rentan terhadap kotoran, karena minyak dapat lebih mudah mengikat debu dan kotoran. Hal inilah yang kemudian memungkinkan mereka yang berkulit wajah berminyak menjadi lebih rentan terkena komedo. Jadi, kenalilah jenis kulit Anda karena hal itu dapat menentukan produk-produk kecantikan yang mana yang cocok untuk Anda dan cara perawatan bagaiamana untuk merawat wajah Anda.

Tips Perwatan Kulit Berminyak


Ciri-ciri Kulit Berminyak
Ciri-ciri kulit wajah yang berminyak dapat kita ketahui dari tanda-tanda sebagai berikut :

1.      Kulit wajah memiliki elastisitas atau kelenturan kulit yang tinggi
2.      Permukaan kulit wajah terlihat mengkilap dengan minyak di daerah dagu, dahi, hidung.
3.      Pori-pori kulit wajah yang lebar dan banyak terdapat komedo
4.      Lapisan kulit tanduk pada wajah yang sering terkelupas

Perawatan Wajah Berminyak secara Alami


1.      Mengatasi kulit wajah berminyak dengan jeruk nipis
Mengatasi kulit berminyak dengan jeruk nipis bisa dilakukan dengan cara menggosokkan kulit wajah menggunakan daging jeruk nipis secara merata. Tunggu selama kurang lebih 15 menit, kemudian bilas wajah dengan air. Lakukan proses perawatan kulit wajah berminyak dengan jeruk nipis secara rutin sehari satu kali sampai terlihat hasilnya.

2.      Merawat kulit berminyak dengan masker dari mentimun
Mentimun selain untuk menyegarkan mata, juga sangat baik untuk perawatan kulit wajah yang berminyak. Cara merawat kulit wajah yang berminya dengan mentimun adalah dengan memblender mentimun dan menggunakanya menjadi masker selama kurang lebih setengah jam. Setelah itu basuh dengan air. Untuk merawat kulit berminya secara alami dengan masker mentimun dapat dilakukan dua kali dalam seminggu.

3.      Merawat kulit berminyak dengan masker dari pisang, susu, dan madu
Buah pisang sangat efektif untuk mengatasi masalah kulit wajah berminyak yang berjerawat dan pori-pori membesar. Cara membuat masker untuk merawat kulit wajah berminyak yaitu dengan menghaluskankan pisang, dan campurkan dengan susu dan madu, lalu gunakan sebagai masker selama kurang lebih setengah jam, kemudian bersihkan dengan air hangat dan terakhirkan dibilas dengan air dingin. Merawat kulit wajah yang berminyak dengan masker pisang, susu dan madu dapat dilakukan 2 kali seminggu.

4.      Merawat kulit berminyak secara alami dengan air garam
Cara merawat kulit wajah berminyak menggunakan air garam adalah. Dengan mencuci muka menggunakan air hangat yang dicampur dengan garam. Dengan merawat kulit wajah berminya menggunakan air garam ini maka minyak di wajah tidak akan muncul lagi. Untuk perawatan kulit wajah dengan air garam dapat dilkukan setiap hari.

5.      Merawat kulit wajah berminyak dengan air daun seledri
Untuk merawat kulit wajah yang berminyak dapat juga dilakukan dengan membilas wajah kita dengan air daun seledri. Cara membuatnya adalah dengan memotong kecil-kecil daun seledri dan masukkan dalam air yang sedang mendidih. Dinginkan, setelah cukup hangat, cuci wajah dengan air daun seledri tersebut. Agar obat alami tersebut bekerja, biarkan mengering di wajah, setelah itu bilas dengan air. Proses pearawatan kulit wajah berminyak dengan air daun seledri dapat dilakukan sehari sekali.

6.      Pilihlah Pelembab yang Cocok
Sebagai contoh dalam memilih produk kecantikan, pilihlah pelembab yang cocok untuk Anda. Pelembab adalah produk kecantikan yang esensial dan digunakan setiap hari. Jadi pilihlah yang cocok untuk jenis kulit berminyak Anda, seperti yang oil-free atau bebas bahan minyak, lalu pilihlah yang berbahan dasar lemon atau jeruk nipis, atau mentimun yang dapat membantu menyegarkan wajah dan mengontrol produksi sebum. Namun jangan menghindari pelembab dengan alasan dapat menimbulkan minyak berlebih. Pelembab tetap dibutuhkan untuk melindungi kulit wajah Anda dari paparan sinar matahari dan paparan lainnya.

7.      Say No to Comedogenic Product
Menghindari produk kecantikan berlabel comedogenic. Anda harus cermat dalam memilih produk kecantikan yang akan digunakan sehari-hari. Salah satunya adalah hindari produk yang comedogenic. Comedogenic maksudnya produk-produk yang dapat menutup atau menyumbat pori-pori wajah Anda, sehingga wajah tak bisa bernapas dan dapat menjadi tempat tinggal bagi debu serta kotoran. Akibatnya, wajah Anda akan semakin rentan dengan komedo dan minyak. Perhatikan label produk kosmetik atau kecantikan lainnya, dan pilihlah yang non-comedogenic.

8.      Terapkan Pola Hidup Sehat
Pola hidup sehat setidaknya mencakup pola makan, pola istirahat dan pola olahraga yang baik. Jika disatukan, ketiganya dapat membuat tubuh Anda senantiasa bugar, sehat, dan akan berpengaruh pula pada kesehatan dan kecantikan kulit wajah Anda. Hindarilah makanan-makanan berlemak yang memiliki sedikit nutrisi saja, dan gantilah dengan makanan yang lebih sehat dan bergizi. Selain itu, istirahatlah dengan cukup karena kurang istirahat dapat menyebabkan kulit wajah yang kusam, berminyak, dan mudah terserang jerawat. Tips merawat wajah berminyak dan berkomedo selanjutnya, jagalah pola olahraga Anda secara teratur. Dengan olahraga, timbunan lemak termasuk pada wajah akan hilang. Selain itu, olahraga juga dapat mengusir stress yang bisa menjadi salah satu penyebab masalah pada wajah.

Kulit wajah yang berminyak sebenarnya memiliki keuntungan dimasa senja, kulit wajah yang berminyak akan terlihat lebih awet muda. Oleh karena itu perlu diketahui cara merawat kulit berminyak secara alami agar wajah bersih, tidak berjerawat dan tidak kasar (halus).

0 komentar:

Post a Comment